Wednesday, August 8, 2012

(dasar HTML) Membuat Popup Window Dengan Javascript

Karena begitu banyak permintaan dan visitor yang nyasar dari search engine untuk tutorial membuat jendela pop up atau popup window, saya tuliskan artikelnya kali ini.

Tetapi program ini tidak akan berjalan jika fungsi popup window terblokir oleh browser. Para developer browser membuat fitur blokir popup window tersebut karena pada tahun-tahun sebelumnya banyak sekali keluhan pengguna internet yang sangat terganggu oleh iklan-iklan popup yang muncul tiba-tiba sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dalam berinternet, apalagi para pembuat spyware/trojan/malware/worm juga menggunakan celah keamanan ini untuk menyebarkan script berbahayanya.
Berikut ini saya kutip dari w3schools, anak buah para “mafia” internet pembuat standarisasi dunia internet (W3C).
http://www.w3schools.com/htmldom/met_win_open.asp
ada beberapa cara untuk memanggil function / procedure pemanggil jendela popup, tetapi saya berikan 2 saja dari w3c:
<html>
<head>
<script type="text/javascript">
function open_win()
{
window.open("http://www.w3schools.com")
}
</script>
</head>
<body>

<input type=button value="Open Window" onclick="open_win()" />

</body>
</html>

2.

<html>
<body>

<script type="text/javascript">
myWindow=window.open(",",'width=200,height=100')
myWindow.document.write("This is ‘myWindow'")
myWindow.focus()
</script>

</body>
</html>
semoga bermanfaat. Jika saya sudah menemukan tips / cara melewati popup blocker, saya akan tulis juga di blog ini.

No comments:

Post a Comment